085379423848

Desamedanjayamandiri00@gmail.com

Statistik
Pengunjung

Hari Ini : 97
Kemarin : 18
Total : 12.350

Sistem Operasi Perangkat Yang Anda Gunakan
Unknown Platform

Browser Yang Anda Gunakan
Tidak ditemukan

IP Anda
3.237.0.109

SEJARAH DESA MEDAN JAYA

Berita Desa
17 Januari 2022
65 Kali dibuka

Desa Medan Jaya adalah nama suatu wlayah di KEcamatan Ipuh KAbupaten Mukomuko. Sebelum menjadi sebuah desa, kawasan ini merupakan lahan perkebunan dan ladang milik masyarakat dari desa semundam, sibak, dan Desa Pasar Ipuh ( yang waktu itu masih tinggal di pinggiran pantai). Mereka mengolah lahan berelompok-kelompok, tidak bercampur baur dari masing-masing desa, yang artinya kebun dari warga yang berbeda desa tidak sehamparan. Hal yang  menyebabkan hal ini adalah factor suku, mereka hanya berladang dan tidak bertempat tinggal, karena jarak dari kebun ke desa mereka masing-masing hanya sekitar 1 – 2 kilo meter.

Pada tahun 1973, terjadilah pembukaan jalan baru dari Bengkulu menuju Mukomuko, dikarenakan lokasi jalan lama yang berada di daerah pantai (di pinggiran Desa Pasar Ipuh ) mengalami rusak berat dan terancam dengan abrasi pantai. Setelah dilakukannya pembukaan jalan baru, dan dengan adanya factor mulai padatnya pemukiman penduduk Pasar Ipuh di pinggir pantai, maka satu persatu masyarakat mulai mendirikan pondok-pondok yang lebih besar di lahan kebun mereka untuk dijadikan tempat tinggal. Dalam perkembangannya, dikarenakan pembukaan jalan poros baru dari Bengkulu menuju Mukomuko tersebut, mulai banyak warga yang berdatangan dan mendirikan pondok dan rumah, bukan hanya warga dari Pasar Ipuh tapi juga warga desa tetangga seperti Sibak dan Semundam. Dengan semakin banyaknya warga yang tinggal yang jumlah kepala keluarganya mencapai 75 KK, maka timbul lah pemikiran untuk melaksanakan pemekaran desa.

Dengan letaknya yang sangat strategis, dan cenderung lebih tinggi dari desa Semundam, Sibak dan Pasar Ipuh, jika memandang kearah Barat akan terlihatlah hamparan laut yang sangat luas, jika memandang kearah timur akan terlihatlah sungai besar, maka sepakatlah desa yang akan dimekarkan tersebut dinamakan Desa MEDAN JAYA. Kalau diartikan dalam bahasa masyarakat Ipuh, Medan artinya tempat yang nyaman dan Indah, serta Jaya artinya unggul atau hebat.

Dengan telah sepakatnya nama desa tersebut, maka diajukanlah usulan pemekaran desa kepada Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara. Pada tanggal 5 Desember 1973 dengan adanya pengajuan tersebut maka pada tanggal 2 April terbentuklah Desa Medan Jaya, yang pada saat ini berbatasan langsung dengan Desa Sibak, Desa Semundam, Desa Pulau Makmur, Desa Pasar Baru, Desa Tanjung Harapan dan Desa Pulai Payung.

Bagikan

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail
Komentar
Ketik Captcha

Aparatur Desa

Kepala Desa

AFRIZAL

Sekretaris Desa

SAPRIADI

Kasi Kesejahteraan

RONI FABRITO

Kasi Pemerintahan

BASBEN

Kasi Pelayanan

SISKA FITRIANI

Kaur Keuangan

FITRI WULAN SUCI

Kaur Perencanaan

APRIANDI DAUD

Kaur Umum

RIKO SEPUTRA

Kepala Dusun Muara Jungur

YUSDIN

Kepala Dusun Medan Beangin

NURUL SAINI

Nama Desa : Medan Jaya
Kode Desa : 1706052007
Kecamatan : Ipuh
Kode Kecamatan : 170605
Kabupaten : Muko Muko
Kode Kabupaten : 1706
Provinsi : Bengkulu
Kode Provinsi : 17
Kode Pos : 38764
Kepala Desa : AFRIZAL
Kantor : Jl. Fatmawati Desa Medan Jaya
Telp : 085379423848
Email : Desamedanjayamandiri00@gmail.com

Agenda

Terjadwal

Mohon maaf, belum ada agenda yang akan dilaksanakan...

Sebelumnya

21 Januari 2022 11:34:51
Tempat : Lapangan Desa Medan Jaya

GOTONG ROYONG

Koordinator : Kepala Desa Medan Jaya (AFRIZAL)

24 Agustus 2022 11:02:57
Tempat : DESA MEDAN JAYA

TITIK NOL

Koordinator : TPK DESA MEDAN JAYA

Komentar Terbaru

    Lokasi Kantor Desa

    Wilayah Desa